Supaya si Rubah Api tambah ok

Dulu aq pernah nulis email buat temenku, mo ngasih tau cara supaya firefox tambah ok tapi lagi kesampean sekarang, hehe. Buat yang belum tau, firefox ini web browser, kayak IE itu loh. Aq pake ni browser dah sekitar dua taon. Belum pernah coba? Download aja di sini. Freeware alias 100% gratis, ukuran file instalasi gak sampe 6 MB. Di situ dah ditulis fitur-fitur firefox jadi gak akan kutulis di sini.

Sering aq lihat warnet-warnet dah banyak yang install firefox, tapi masih “kosongan.” Memang sih “kosongan” aja rubah api ini dah lebih oke daripada IE tapi klo pake tambahan ya jelas tambah moncer lah. Tambahan ini di firefox disebut add-ons, yang dibagi menjadi extension dan theme.

Klo theme pasti dah tau dong.. Iya fungsinya buat ganti bajunya si rubah api, kayak theme-nya windows atau skin di winamp itu loh. Sedangkan extension adalah tambahan untuk memperluas fungsi-fungsi yang telah disediakan firefox. Fungsi-fungsi buat apa? Buanyak banget, contohnya mempermudah download, mempermudah manajemen bookmark dan ngeblok iklan.

Gimana cara memperoleh add-ons? Install aja dari situsnya firefox. 100% gratis, sama kayak browsernya. Di mana Dut? Aq sendiri gak hafal alamatnya hehe, tapi gampangnya, dari pulldown menu firefox, klik aja Tools – Add-ons. Klo pengen cari extension pilih tab extension, klik link Get extensions di pojok kanan bawah. Klo cari theme, pilih tab Themes dan klik link Get themes. Di situs yang terbuka ada ribuan add-ons. Inilah salah satu yang aq suka dari firefox, kita diberi kesempatan yang sangat besar untuk meng-customize firefox sesuai selera kita. Saking banyaknya add-ons itu, bisa pusing sendiri klo kita harus pilih & coba satu-satu, untuk itu team developer firefox mempermudah kita dengan membuat daftar recomended add-ons. Kalo nggak cocok & nggak butuh sama apa yang direkomendasikan itu ya gpp, gak usah diinstall.

Sebagai gambaran berikut adalah add-ons pilihanku

Theme: Littlefox

Extensions:

  1. Flashgot => highly recomended, mempermudah firefox untuk mendownload file, syarat supaya firefox bisa kerjasama dengan external downloader. Aq sih pake flashget -mirip ya namanya- dulu shareware, skrg dah jadi freeware alias gratis tis tiss, bisa didownload di sini.
  2. Adblock Plus => highly recomended, ngeblok iklan supaya gak usah diload, jadinya ya situs tampil lebih cepet.
  3. Adblock Plus: elemet hiding helper => highly recomended, tambahannya adblock plus.
  4. All-In-One Gestures: highly recomended, gampangnya: shortcut pake mouse. Bingung? Satu contoh: untuk back (kembali ke halaman sebelumnya), kita tinggal klik kanan mouse, tahan, drag (seret) ke kiri, lepaskan tombol mouse.
  5. Del.icio.us: highly recomended, akses bookmark secara online dari mana saja, bahkan kita bisa share it with anyone kalo mau
  6. Googlebar: powerful integrated goggle search bar, much more than just integrated search box.
  7. Sage: rss and atom feed agregator
  8. Answers: quick info dari answers.com
  9. Download embedded: download embedded objects dari webpage, seperti file flash, mp3, video.
  10. SwitchProxy: untuk me-manage dan mengganti proxy dengan cepat.

Silakan download & install firefox, lalu pilih-pilih add-ons. Bersama si rubah api, keajaiban internet akan semakin nyaman dinikmati. Firefox, the browser… reloaded.


Get Firefox

Mas Yok, sori ya, maafkan daku. Masih pake firefox kan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: