Ngisep Email

Apakah kamu sering make koneksi dial up waktu konek ke inet? Apakah kamu harus nyamperin situs tertentu untuk mengakses email? Apakah kamu sering nongkrong di warnet buat ngakses email? Apakah kamu berlangganan milis yang ramai? Apakah kamu sering kebingungan membayar tagihan telepon/inet yang meledak? Jika ya, mungkin tip ini bisa sedikit membantu. Sebenernya ini tip jadul banget, tapi masih banyak yang belum tau ;p Yang udah pake program email client dilarang baca!

Kalo kamu harus mengunjungi situs tertentu untuk mengakses email maka kamu menggunakan layanan web email. Memang, dengan web email kita bisa mengakses email dari mana saja tanpa harus menyediakan tempat buat nyimpen email tapi bagi pengguna dial up, sering kali itu bukan pilihan terbaik. Kenapa? Soalnya, kebanyakan penyedia layanan dial up memakai sistem waktu untuk menghitung besar biaya inet yang kita gunakan. In most case, that’s not good* karena kebanyakan dari kita menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membuka situs layanan penyedia email (yahoo misalnya, versi beta-nya lumayan berat) dan diharuskan membaca dan menulis pesan pada saat kita online. Selama kita membaca dan menulis itu, waktu tetap berjalan, demikian pula biaya inetnya padahal sebenarnya saat itu tidak ada aliran data penting yang kita butuhkan. Boros kan?

Ada cara lain agar kita bisa membaca dan menulis email secara offline, yaitu mengakses email dengan POP (Post Office Protocol). Sebenarnya masih ada cara mengakses email yang lebih canggih daripada POP yaitu IMAP tapi karena membutuhkan sumber daya server yang lebih besar belum banyak yang menyediakannya (aq juga belum pernah make sih, jadi kalo nekat nulis takut kebanyakan salah :D). Dengan adanya POP, yang kita perlu kita lakukan hanya login ke server email dengan program email client dan program itu akan mendownload (ngisep) semua email yang berada di server**. Setelah semua email selesai diisep, kita bisa memutus hubungan ke inet jadi bisa membaca dan menulis email dengan santai. Kalo email dah selesai ditulis & siap dikirim, konek lagi ke inet, login ke server email kemudian kirim email tadi. Jika proses pengiriman telah selesai, putus lagi koneksi inet. Pemutusan hubungan, baik setelah ngisep atau ngirim bisa dillakukan secara otomatis segera setelah proses selesai. Nah kalo gini, waktu koneksi ke inet bisa diminimalisasi. Ujung-ujungnya ya penghematan duit dong.

Program email client adalah program yang tugasnya mengatur pengelolaan email di tingkat pengguna akhir, seperti mengambil email dari email server, memudahkan pengguna untuk menulis dan mengirimkan email. Program email client masa kini sudah makin canggih karena telah bisa mengelompokkan email ke dalam folder tertentu secara otomatis, menyediakan fasilitas pencarian, spelling checker, mendeteksi spam, bekerjasama dengan program antivirus, integrasi dengan news reader & rss reader, memberi tanda tangan digital & mengenkripsi email.

Supaya bisa ngisep email pake program email client, yang kita perlukan adalah

  • account di penyedia layanan email yang menyediakan fasilitas POP, contohnya Hotmail, Yahoomail***, Telkomnet, Gmail, Hotpop, Gawab & banyak lagi laennya. Plasa cuma menyediakan layanan web email. Perusahaan & institusi besar biasanya juga mempunyai mail server sendiri yang mendukung POP.****
  • program email client. Contoh: Outlook Express (OE, secara default udah ada pada setiap instalasi Windows, cari aja di start menu), Microsoft Outlook (big brothernya OE, bisa didapat dari paket MS Office), Mozilla Thunderbird , Eudora, IncrediMail, Pegasus Mail, The Bat, Kmail (Linux), Sylpheed (Linux), Pine (text user interface, Linux).

Kalo udah punya account & dan udah install program email client kita harus mengatur settingnya. Di sini aq contohin untuk yahoomail. Di yahoomail dan gmail fasilitas POP secara default tidak diaktifkan, untuk mengaktifkannya kita bisa mengubahnya di bagian Option – Pop & Forwarding. Enable aja tuh pilihan Pop-nya abis itu klik Save Setting. Di situ juga ada panduan untuk mengatur setting berbagai program email client. Inti settingnya sebenernya cuma ngisi email address, login name, login password, nama smtp & pop server sama port yang digunakan. Iku thok wis. Ikuti aja panduannya, gampang kok, pasti bisa deh. Smtp server adalah server yang kita gunakan untuk mengirim email, sedangkan pop server adalah server yang dipake untuk ngisep email. Kalo kamu dah kerja, kantormu pake mail server sendiri & kamu juga pengen bisa ngakses email kantor dari luar, tanya aja ke network administrator-nya gimana settingnya.

Apakah program email client hanya berguna buat pengguna dial up saja? Ya nggak lah, program ini juga sangat bermanfaat buat user yang koneksi inetnya always on. Dia bisa diset agar setiap berapa menit sekali ngecek ke mail server, “Pak Mail Server, ada surat baru nggak nih? Kalo ada mo ogut anterin sekarang” Setelah email baru dipindahkan ke komputer kamu, dia akan memberi tanda tertentu, biasanya di systray sebelahnya jam di pojok kanan kanan bawah monitor, mirip kaya tanda dari instant messenger kalo ada email baru. Kita nggak perlu repot bolak-balik ngecek ke situs web email. Selain itu, program email client juga menyediakan fasilitas yang jarang disediakan web email: tanda tangan digital dan enkripsi email. Antarmuka pengguna biasanya juga lebih bagus & friendly (buat yang mengutamakan ini, coba deh pake Incredimail). Jangan lupa karena email berada di komputer lokal, kita juga bisa lebih cepat mengaksesnya.

Hp sekarang yang murah sekalipun banyak yang sudah ada program yang bisa POP. Hp kawakku yang murah dari 3 tahun lalu aja dah bisa ko. Mungkin ini bisa jadi alternatif buat yang nggak punya komputer. Yang harus diperhatikan di sini adalah, berapa tarif data per KB-nya. Data yang dimaksud di sini adalah jumlah total data yang diambil ke & dikirim dari hp kita, bukan cuma data yang diambil (download) doang.

Kalo pengen yang lebih oke lagi, ada teknologi push email. Kalo POP kan kita/program masih harus ngecek ke mail server apakah ada email baru yang datang. Dengan push email, begitu ada email masuk ke mail server, mail server yang akan aktif mengantarkan email ke hp kita dengan bantuan dari operator seluler (?) Tapi karena harus ada kerjasama antara operator & mail server serta menuntut lalu lintas data yang besar berarti targetnya korporat bukan personal. Aq belum pernah nyoba ini, jadi kalo pengen info yang bener-bener bener silakan googling aja sendiri hehe. Yang jelas Indosat & Telkomsel dah lumayan lama nyediain fasilitas ginian.

——–

* Pada kasus dimana inbox berukuran (sangat) besar sudah terisi ribuan email (karena jarang ngecek inbox, nggak pernah menghapus email-email lama, berlangganan milis aktif atau terkena serbuan spam) dan kita tidak ingin membaca semua email tadi, mungkin lebih baik kita memakai fasilitas web mail karena kita bisa menyeleksi email mana saja yang layak dibaca.

** Program email client bisa diatur supaya cuma ngisep email dengan ukuran tertentu (maksimal X kB, kita yang menentukan besar X), email yang tidak memenuhi syarat akan tetap ditinggal di mail server. Bisa juga diatur supaya email yang diisep ke komputer lokal nggak dihapus dari mail server.

*** Layanan POP di Yahoomail berdomain yahoo.com udah lama nggak gratis lagi, domain lainnya (yahoo.co.id, yahoo.com.au, yahoo.com.sg, dll) masih gratis. Untungnya ada orang baek yang membuat program ypops, dengan program ini kita masih bisa ngisep email dari yahoo.com pake program email client dengan gratis. Check it out here.

**** Walaupun jarang, ada perusahaan pemakai mail server yang tidak mengaktifkan POP. Mungkin network administratornya jengkel karena bandwidthnya sering banyak tersedot hanya untuk email. Kenapa? Banyak user yang berlangganan milis aktif yang mengirimkan file-file berukuran besar (milis porno kali ;P)

Tambahan: Kita nggak harus menggunakan smtp server dari penyedia pop server. Misal, bisa aja kita pake pop server-nya telkomnet tapi pake smtp server-nya yahoo. Kadang kita perlu mengganti smtp server, terutama jika smtp server yang dipake sedang diblok server laen (karena dipake ngirim spam ato virus kali). Smtp server telkomnet dulu sering diblok, sekarang aq nggak tau.

Tamat sementara

2 Responses to “Ngisep Email”

  1. Nyedot Email Darimana Aja « deedhoet Says:

    […] Email Darimana Aja 23 04 2007 Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan kacau yang sudah terlanjur diakhiri dengan “Tamat sementara” ini. Dalam tulisan itu ada pertanyaan, “Apakah kamu sering nongkrong di warnet buat […]

  2. dhandies Says:

    Hehehe oke juga tapi masih kalah dengan google


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: